UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA - MANAJEMEN INFORMATIKA
Akreditasi
A
Strata
S1
Perminatan
SAINTEK
Website
http://terapan-ti.vokasi.unesa.ac.id/
Sekilas Tentang MANAJEMEN INFORMATIKA
SEJARAH
Program Studi D4 ManajemenInformatika
menjadi bagian Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2019. Yangmana,
sebelumnya merupakan Program Studi D3 Manajemen Informatika yang
telahhadir sejak tahun 2012. Prodi D4 Manajemen Informatika menerima
mahasiswamelalui Seleksi Nasional, yang meliputi SNMPTN dan SBMPTN,
serta SeleksiMandiri UNESA (SPMB). Dengan berbekal kurikulum yang
senantiasa mengikutiperkembangan di Dunia Industri, Dunia Usaha, dan
Dunia Kerja, serta kebutuhanmasyarakat. Kehadiran Program Studi D4
Manajemen Informatika menjadi jawabantentang kebutuhan akan tenaga
terampil di bidang Informatika yang semakin terusmengalami perkembangan.
LAB
Laboratorium
Foto | Keterangan |
| Lab. RPL |
| Lab. Jarkom |
| Lab. Sistem Informasi |
| Lab. Multimedia Kreatif |
PROGRAM STUDI
VISI
"Menjadi
institusi/lembaga di bidang teknologi rekayasa perangkat lunak yang
unggul, berdaya saing, dan berbudaya lingkungan baik di tingkat
nasional."
Misi
- Menyelenggarakan
pendidikan tinggi yang berkualitas, unggul, berintegritas tinggi,
bersertifikasi. dan terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup
sesuai dengan perkembangan teknologi di bidang teknologi rekayasa
perangkat lunak;
- Melaksanakan penelitian terapan di bidang teknologi rekayasa perangkat lunak sebagai dasar pengembangan kualitas pembelajaran;
- Melaksanakan
kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pengetahuan dan hasil
penelitian di bidang teknologi rekayasa perangkat lunak;
- Menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan.
Kompetensi Program Studi
- Mampu mengidentifikasi kebutuhan perangkat lunak (requirements elicitation)
- Mampu menganalisis kebutuhan perangkat lunak (requirements analysis)
- Mampu menyusun spesifikasi Kebutuhan perangkat lunak (requirements specification)
- Mampu memeriksa validitas Kebutuhan perangkat lunak (requirements validation)
- Mampu merancang arsitektur perangkat lunak
- Mampu merancang interaksi dengan pengguna
- Mampu mengimplementasikan perangkat lunak
- Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia
- Mampu mengimplementasikan algoritma pemrograman
- Mampu menerapkan pemecahan permasalahan menjadi subrutin
- Mampu menerapkan metode dan praktik penggunaan kembali (reusable) subrutin-subrutin
- Mampu menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices
- Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur
- Mampu mengimplementasikan pemrograman berorientasi objek
- Mampu menggunakan structured query language
- Menguasai
metodologi pengembangan perangkat lunak yang sesuai dengan perkembangan
terkini agar menghasilkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan
pengguna
- Mampu merencanakan software Quality assurance
- Mampu menentukan lingkup Quality Assurance (QA)
- Mampu menentukan sumber daya Pelaksanaan Quality Assurance (QA)
- Mampu melaksanakan software Quality assurance
- Mampu menjamin kualitas pengembangan perangkat lunak
- Mampu menindaklanjuti pelaksanaan Quality Assurance (QA)
- Mampu melakukan pengujian perangkat lunak menggunakan metode black box dan atau white box sesuai kebutuhan
- Mampu mengimplementasikan fitur logging aplikasi
- Mampu melakukan pembaharuan perangkat lunak
- Mampu melakukan perawatan perangkat lunak dari tingkat sederhana sampai dengan kompleks
- Mampu merencanakan kapabilitas, fungsionalitas dan ketersediaan suatu sistem
- Mampu menjalankan suatu operasi sistem untuk memenuhi kebutuhan bisnis
- Mampu mengintegrasikan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise Resource planning/ ERP) di Industri manufaktur
- Mampu
menginternalisasi semangat kemandirian kejuangan dan kewirausahaan,
serta mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, jujur, dan disiplin
atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri
- Mampu mengembangkan bisnis di bidang Teknologi Informasi